Pekanbaru, (GM) — Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Republik Indonesia, Tjahjo Kumolo meresmikan langsung layanan Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) yang berlangsung di Halaman MPP Kota Pekanbaru, Rabu (11/03). peresmian tersebut sekaligus merayakan hari jadi Mal Pelayanan Publik Kota Pekanbaru ke-1
Sebagai informasi, turut Hadir dalam peresmian itu, Dirjen Dukcapil Kemndagri RI, Zudan, Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Imam Setya Effendi, Wakil Walikota Pekanbari, Ayat Cahyadi,Anggota DPD RI Edwin Pratama Putra, serta Forkopimda dilingkungan Kota Pekanbaru dan Provinsi Riau.
Menteri Tjahjo juga meminta, Mal Pelayanan Publik ini dapat langsung terintegrasi dengan layanan lainnya,seperti pengurusan SIM dan lain sebagainya.
“Kita harus memberi keleluasaan dan sesuatu yang cepat apabila masyarakat membutuhkan layanan publik,” ujarnya.
Menteri Tjahjo juga mengapresiasi Pemko Pekanbaru yang berhasil dalam perluasan area pusat pelayanan modern tersebut. dan berharap MPP Kota Pekanbaru dapat selalu berkembang dan beradaptasi untuk menjawab tantangan, sehingga bisa menciptakan birokrasi berkelas dunia.
MPP yang kini sedang marak dibangun oleh pemerintah daerah, memiliki sistem data yang terintegrasi serta memanfaatkan teknologi. Dengan teknologi, pelayanan akan lebih cepat, transparan, dan mereduksi adanya praktik pungutan liar.
“Adanya MPP yang terbuka untuk menekan angka korupsi,” imbuhnya.
Hal senada juga disampaikan Dirjen Dukcapil Kemndagri RI, Zudan. Dirinya mengatakan, Kementrian dalam negri akan membantu penuh segala kebutuhan yang ada didalam luang lingkup MPP ini,baik mulai dari belangko KTP dan lain sebagainya.
“dari Diskupcapil yang pernah saya datangi di Indonesia, Baru kali ini saya melihat MPP Pekanbaru WOW. saya berani mengatakan MPP ini satu-satunya Diskupcapil terbaik se Indonesia,”ujarnya dalam kata sambutan diacara peresmian MPP Pekanbaru.
lebih lanjut dikatakannya, Masyarakat Kota Pekanbaru patut bergembira,karna pemerintahnya dapat meneylesaikan segala problem perizinan hanya disatu titik.
“mudah-mudahan dengan adanya MPP ini kita optimis akan dapat lebih cepat,mudah dan transparan dan berkepastian untuk mewujutkan kota yang maju,”ungkapnya.
Dalam kesempatan tersebut,Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution mengatakan bahwa MPP yang merupakan pengembangan dari Pelayanan Terpadu Satu Pintu ini dikombinasikan dengan penggunaan teknologi informasi sehingga tersedia pelayanan publik yang lebih mudah diakses dan menambah unsur kenyamanan dalam mendapatkan pelayanan.
“Keberadaan MPP Kota Pekanbaru telah diintegrasikan dengan berbagai pelayanan lainnya termasuk dengan adanya layanan Kependukukan dan Pencatatan Sipil sehingga seluruh urusan pelayanan dilakukan dengan satu pintu,” lanjut Wagubri.
Dengan adanya layanan baru ini (Dukcapil) di MPP, Wagubri mengajak agar nantinya bisa memudahkan masyarakat dalam mengurus dokumen yang dibutuhkan.
Masih di tempat yang sama, Wali Kota Pekanbaru, Firdaus mengungkapkan saat ini jenis layanan yang ada di MPP Kota Pekanbaru berjumlah sebanyak 32 layanan.
“Hari ini bertambah lagi satu pelayanan yang terdapat di MPP, yakni Dukcapil,” ujarnya.
Dikatakan Firdaus, MPP Kota Pekanbaru telah menjadi sebuah percontohan sebagai MPP terlengkap dan terbaik se-Indonesia.
“Kami akan terus melakukan inofasi dan peningkatan dalam layanan terhadap masyarakat yang nantinya bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Kota Pekanbaru,”tuturnya. (ADV)