Bangkinang, Galamedia.co.id — Ombudsman RI perwakilan Riau menggelar kunjungan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bangkinang pada Rabu (6/12/2023). Kunjungan ini sebagai tindak lanjut beberapa pengaduan dan juga melihat proses pelayanan oleh RSUD Bangkinang.
Ketua Ombudsman RI Perwakilan Riau, Bambang Pratama bersama tim meninjau berbagai fasilitas pelayanan publik di RSUD Bangkinang. Kemudian pengecekan pelayanan administrasi. Kemudian juga melakukan dialog dengan para pasien, pengunjung dan tamu RSUD Bangkinang yang menggunakan fasilitas pelayanan publik di RSUD Bangkinang.
Adapun usai melakukan kunjungan Bambang Pratama juga melakukan rapat tertutup dengan manajemen RSUD Bangkinang guna mendengar pemaparan progres pelayanan RSUD Bangkinang sekaligus menindaklanjuti beberapa laporan dari masyarakat terkait pelayanan publik di RSUD Bangkinang.
Adapun beberapa poin pertemuan tersebut yaitu:
- Adanya kendala pasien JKN Lansia yang tidak memahami atau tidak bisa mengoperasikan internet/tidak memiliki biaya membeli paket internet.
- Masyarakat banyak yang tidak tahu bagaimana prosedur pengambilan nomor antrian.
- Ada beberapa pasien penyakit dalam yang sudah jdatang beberapa kali, tapi tidak mendapatkan antrian dan sudah diberikan solusi dengan menggunakan aplikasi JKN dan akan dibuka tambahan poli penyakit dalam.
- Ombudsman RI Perwakilan Riau juga menyarankan penambahan tempat bermain anak di Poli anak, agar anak bisa menunggu antrian tidak bosan/menangis.
- Ombudsman RI perwakilan RIau juga menyarankan agar pasien yang prioritas didahulukan.
- Ombudsman RI Perwakilan Riau juga mendapatkan informasi bahwa sistem jaringan yang lama karena aplikasi Sirindit.
Sementara itu Plt. Direktur RSUD Bangkinang, dr. Delfan Syukri di tempat lain menyebutkan bahwa Manajemen RSUD Bangkinang mengucapkan terima kasih atas kunjungan tim ombudsman RI Perwakilan Riau. Kunjungan Ombudsman RI Perwakilan Riau ini turut meningkatkan pelayanan publik oleh RSUD Bangkinang.
“Kita bersyukur dengan kunjungan Ombudsman ke RSUD, sehingga kita dapat mengekspos perkembangan terbaru atas manajemen RSUD. Kemudian kita juga mendapatkan saran dan arahan berharga dari Ombudsman RI agar rumah sakit kita ini semakin lebih baik ke depannya.” terang dr. Delfan. (Advertorial RSUD Bangkinang)