Inhu, Galamedia.co.id — Bupati Indragiri Hulu, Rezita Meylani Yopi, SE, membuka secara resmi Sosialisasi Tugas dan Tanggung Jawab Sekretaris Desa dalam Pengelolaan Keuangan Desa tahun 2023 bertempat di Aula Bappeda Kab. Inhu. Selasa pagi (23/5/2023)
Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kadis PMD, Roma Doris, SS., MPS.,M. Eng., Kepala BPKAD, Riswidiantoro, SE., Tenaga Ahli P3MD Kemendes, Yani Ira Nova dan Sekdes Se-kabupaten Inhu.
Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Roma Doris, SS., MPS., M.Eng dalam laporannya menyampaikan Adapun tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan sekretaris desa Kab. Inhu dalam pengelolaan keuangan desa dan meningkatkan potensi kinerja sekretaris desa dalam pengelolaan keuangan desa.
Pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari tanggal 23-24 mei 2023 dengan jumlah peserta 356 orang perangkat desa di Kab Inhu, dimana peserta dibagi pada tanggal 23 sebanyak 178 orang, dan pada tanggal 24 sebanyak
178 orang.
Dalam sambutanya, Bupati Rezita mengatakan kita menyadari bersama bahwa hal terpenting untuk memperkuat sinergitas dalam proses penyelenggaraan dan pembangunan desa, salah satunya adalah meningkatkan kapasitas para perangkatnya utamanya sekretaris desa.
Maka dari itu, pemerintah daerah memandang penting sekaligus mengapresiasi dilaksanakannya sosialisasi terkait fungsi dan tanggung jawab sekretaris desa dalam hal pengelolaan keuangan yang hari ini dilaksanakan.
Pelaksanaan sosialisasi ini adalah bentuk pembinaan pemerintah daerah dalam meningkatkan kualitas dan kapasitas sekretaris desa sebagai koordinator Pejabat Penatausahaan Keuangan Desa (PPKD) dalam melaksanakan berbagai rangkaian kegiatan pembangunan desa mulai dari perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan dan pertanggungjawaban pembangunan desa.
Pada kesempatan ini, Bupati Rezita juga menyampaikan saat ini Pemkab Inhu menggalakkan program unggulan “Ibu Rezita Menyapa Desa” yang disingkat IRAMA Desa dan sudah dimulai di desa-desa Kecamatan Rengat Barat dan Sungai Lala serta menyusul di desa-desa di Kecamatan lainnya.
Program ini adalah upaya pemerintah daerah dalam rangka memastikan langsung apakah pelayanan-pelayanan publik yang diberikan kepada masyarakat desa sudah dilaksanakan dengan baik.
“Saya akan datang hadir di 178 desa untuk memastikan kegiatan pelayanan desa mulai dari pendidikan, kesehatan, infastruktur, usaha ekonomi masyarakat dan pelayanan publik dalam melayani masyarakat terselenggara dengan baik diseluruh desa yang ada di Kabupaten Indragiri Hulu” ujarnya. ***